Presiden Jokowi Resmikan Bandara Komodo NTT

Presiden Jokowi
Setelah ditunggu-tunggu cukup lama oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur, akhirnya Presiden Joko Widodo meresmikan Gedung Terminal Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Minggu 27 Desember 2015. Bandara yang diharapkan bisa menjadi gerbang bagi wisatawan untuk menikmati Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Labuan Bajo, Danau Kelimutu, Pantai Merah Muda, Gua Liang Bua dan obyek wisata lain di sekitarnya didanai dari dana APBN sebagai komitmen pemerintah mendukung percepatan pengembangan perekonomian di NTT, khususnya di Flores.

Terminal penumpang yang baru diresmikan mulai dibangun sejak tahun 2012 dan diselesaikan pada Tahun Anggaran 2015 dengan total nilai Rp 191,7 miliar untuk pembangunan seluas 9.687 m2, termasuk  landasan pacu dengan panjang 2.250 meter dan lebar 45 meter. Bandara yang pembangunannya dirintis mulai tahun 1975 tersebut sebelumnya hanya bisa didarati pesawat propeller sekelas ATR 72-600. Dan dengan adanya terminal penumpang dan landasan pacu yang baru ini, diharapkan mampu menampung pesawat jet ukuran medium seperti Airbus A-320 serta Boeing B 737-800 dan B 737-900. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi meminta agar terminal baru ini agar dirawat dan dikelola dengan baik temasuk kebersihan dan keamanannya agar wisatawan yang datang merasa nyaman dan aman. Selain itu, pengembangan pelabuhan ini juga harus diikuti dengan promosi pariwisata yang lebih gencar lagi terutama dari Kementerian Pariwisata. 

Setelah acara peresmian terminal ini, Presiden dan Ibu Negara diagendakan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Heli Super Puma TNI AU menuju Pulau Komodo kemudian kembali lagi menuju Bandara Komodo Labuan Bajo untuk berganti Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 menuju Bandara Internasional El Tari Kupang. Di Kupang, Presiden Jokowi rencananya akan meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Desa Oelpuah,  berkunjung ke Atambua, NTT, dan pada sore harinya menghadiri Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2015 di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT.

Sumber: viva.co.id



Top