Presiden Jokowi Resmikan Waduk Nipah di Madura

Jokowi resmikan Waduk Nipah Madura
Jokowi resmikan Waduk Nipah Madura 
Sebuah babak baru hadir dalam kehidupan masyarakat Kabupaten  Sampang Madura. Waduk yang sejak puluhan  tahun lalu digadang-gadang akhirnya berhasil dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.  Tampak senyum sumringah  terpancar dari seluruh peserta yang hadir dalam peresmian Waduk Nipah oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, Sabtu (19/3/2016).

Waduk  yang  dibangun di Desa Tabanah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura ini diharapkan bisa mengairi sawah seluas 1.150 Ha sehingga bisa menjadikan kawasan Kabupaten Sampang dan sekitarnya sebagai penyumbang pangan di Indonesia.  Sebagaimana diketahui Pulau Madura didominasi oleh lahan non produktif sehingga banyak masyarakatnya yang pergi dari daerah untuk merantau demi mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Waduk Nipah sendiri dibangun di atas tanah seluas 527 hektar di tiga desa di Kecamatan Banyuantes, yakni Desa Montor, Nagasareh, dan Tebanah. Waduk itu juga mencakup lahan di Desa Banyusokah, Kecamatan Ketapang.

Waduk Nipah sebenarnya sudah direncanakan semenjak tahun 1973 yang dimulai dengan study kelayakan dan dilanjutkan dengan pembebasan lahan pada tahun 1982-1993.  Karena banyak masyarakat dan didukung oleh tokoh-tokoh masyarakat yang tidak mau tanah mereka dibebaskan untuk dibangun waduk, akhirnya kegiatan tersebut dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. 
Waduk Nipah Sampang Madura
Waduk Nipah Sampang Madura

Mengingat pentingnya waduk tersebut bagi masyarakat khususnya petani, akhirnya pada tahun 2004 pembangunan waduk dimulai lagi hingga terhenti lagi pada tahun 2008 karena banyak terjadi permasalahan. Setelah berbagai permasalahan dapat di atasi, akhirnya pada  tanggal 10 Oktober 2015 mulai dilakukan pengisian.  Dan kini, bendungan yang menjadi kebanggaan masyarakat Sampang tersebut bisa mengemban fungsinya sebagai sumber air bagi para petani, konservasi sumber daya air yang juga difungsikan sebagai obyek wisata. 

Tampak hadir dan mendampingi Presiden RI dalam peresmian waduk yang diperkirakan memiliki umur layanan 50 tahun tersebut Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf.



Top