Tontowi/Liliyana Rebut Juara Malaysia Terbuka 2016

Atlet bulu tangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya berhasil menjadi juara dalam turnamen Malaysia Terbuka SSP 2016.  Pasangan yang menjadi harapan satu-satunya bangsa Indonesia tersebut berhasil mengalahkan pasangan dari tuan rumah, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Minggu (10/4/2016) dengan skor 23-21, 13-21, dan 21-16. 

Pertandingan kedua pasangan merupakan pertandingan klasik mengingat rivalitas Indonesia dan Malaysia dalam dunia olehraga khususnya bulu tangkis sangat ketat. Jadi tidaklah mengherankan apabila pertandingan tersebut berlangsung dengan ketat dan penuh emosi. 

Ketatnya pertandingan tersebut terjadi sejak game pertama, dimana Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir telah unggul 11-4 dan 13-6  tetapi Chan/Goh terus menyusul sehingga poin imbang 13-13. Namun game pertama berakhir 23-21 untuk kubu Indonesia setelah call yang mereka ajukan dipenuhi. 

Pada awal game kedua, pertarungan berlangsung kian sengit hingga poin 8-7 untuk kemenangan Chan/Goh. Dan akhirnya pasangan Malaysia tersebut berhasil merebut game ke dua dengan skor 21-13 setelah pasangan Indonesia banyak melakukan kesalahan sendiri.

Di game ke tiga, persainga keduanya kian memanas. Saling susul menyusul skor terjadi sejak di mulainya game tersebut dimulai dari  2-3, 4-3, 6-7, hingga akhirnya imbang 9-9. Selepas jeda game ketiga 11-9, ganda Merah-Putih melesat 13-9 dengan memanfaatkan kesahan yang dilakukan Chan Peng Soon hingga akhirnya skor menjadi 15-12, 17-14, dan 21-16 untuk kemenangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir

Sebagaimana diketahui, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir merupakan harapan akhir satu-satunya bagi kubu Indonesia setelah dua wakil Merah-Putih yaitu Jonatan Christie pada tunggal putra dan pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari pada ganda putri tersingkir dalam putaran semifinal. 

Dalam kejuaraan Malaysia Terbuka SSP 2016 tersebut, Tiongkok dan Korea juga telah berbagi gelar di nomor ganda putri Tang Yuanting/Yu Yang dan ganda putra Kim Gi Jung/Kim Sa Rang.



Top